Tuesday 24 May 2016

Manfaat keong untuk pakan bebek

Keong atau sering juga disebut dengan tutut merupakan hewan air yang habitatnya di perairan air dangkal yang banyak ditemukan di sawah, sungai, maupun di kolam-kolam. Hewan yang satu ini dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita karena mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Akan tetapi jika ingin mengkonsumsi keong harus dengan pengolahan yang bersih, tepat dan sehat, karena keong merupakan salah satu hewan yang menjadi inang perantara berbagai macam penyakit seperti cacing pita, dan penyakit anthrax.

Selain bermanfaat untuk kesehatan keong juga sangat bermanfaat untuk pakan bebek. Namun tidak hanya untuk pakan bebek petelur saja, keong juga sering kali dijadikan para peternak sebagai pakan hewan ternak mereka seperti lele, ayam, maupun entok.

Kandungan gizi keong sawah


manfaat keong sawah

Informasi yang saya kutip dari wikipedia.org bahwa menurut Positive Deviance Resource Centre keong mempunyai kandungan gizi antara lain protein 12% , kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, mineral, karbohidrat, dan phosfor.

Selain itu keong juga mempunyai kandungan vitamin yang cukup tinggi seperti vitamin A, E, niacin dan folat, dan zat gizi lainya seperti protein dalam kadar yang cukup tinggi.

Apa manfaat keong untuk pakan bebek petelur?


Banyak para petani yang mengeluhkan banyaknya keberadaan keong disawah-sawah mereka, karena keong merupakan hama bagi para petani yang sering memakan tanaman padi mereka. Meskipun hewan yang satu ini merupakan hama bagi para petani, namun disisi lain keong memiliki banyak manfaat bagi para peternak untuk pakan ternak mereka. Seperti untuk pakan ikan lele, untuk pakan entok, maupun untuk pakan bebek.

Banyak manfaat yang bisa dihasilkan untuk pakan beberapa hewan ternak seperti yang dijelaskan diatas, namun pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai manfaat keong untuk pakan bebek, apa sich manfaatnya sehingga para peternak sering kali memberikan keong untuk pakan ternak mereka??


1. Mempercepat pertumbuhan bebek

Cepat tidaknya pertumbuhan bebek/meri banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor terutama adalah faktor perawatan dan pemberian pakan yang berkulaitas. Contoh pakan berkualitas adalah kosentrat dan lain sebagainya, namun apakah bebek tersebut akan cepat tumbuh dewasa tanpa diberi pakan berkulaitas butatan pabrik tersebut?? Jawabanya adalah bisa, pakan berkualitas buatan pabrik tersebut sebarnya asal-usulnya juga dari bahan pakan alami yang diracik sehingga menghasilkan pakan bebek seperti sekarang ini. Dan salah satu bahan pakan pembuatan kosentrat tersebut bersumber dari protein yang didapatkan dari berbagai macam bahan pakan alami.

Untuk itu peran keong disini bisa menggantikan peran pakan kosentrat buatan pabrik tersebut supaya mempercepat pertumbuhan dan cepat dewasa, karena keong mempunyai kandungan gizi yang baik, terutama protein yang cukup tinggi. Selain itu keong juga bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma tanpa harus membeli layaknya kosentrat tersebut yang harga yang mahal.

2. Meningkatkan nafsu makan

Rasa yang enak mungkin yang dirasakan oleh bebek, karena stiap kali disuguhi pakan keong bebek-bebek tersebut akan dengan cepat melahapnya. Dengan kata lain keong bisa membantu meningkatkan nafsu makan pada bebek apabila kita memberikanya/mencampurnya dengan pakan utama seperti bekatul, nasi aking dan lain sebaginya.

3. Mempercepat bebek bertelur

Pemberian pakan yang mengandung protein tinggi sangat dipercaya dan sudah terbukti untuk mempercepat bebek agar bertelur. Karena menurut ahli gizi dibidang peternakan bahwa pakan yang mengandung banyak protein sangat mempengaruhi cepat tidaknya bebek tersebut bertelur. Jika sudah menginjak diusia reproduksi bebek tersebut tidak kunjung bertelur maka ada dua faktor penyebab yang perlu kita ketahui. Penyebabb tersebut adalah tidak anda penjantan dan yang kedua adalah kurangnya asupan pakan yang mengandung banyak protein.


Semakin banyak pakan yang dimakan maka akan semakin gemuk pula sapi tersebut. Karena menurut pakar dokter peternakan, asupan nutrisi merupakan faktor yang mempengaruhi pertambahan berat badan, mengingat fungsi nutrisi yang dimakan sapi merupakan unsur pembentukan jaringan tubuh. Oleh karena itu semakin banyak nutrisi pakan yang terserap oleh sapi maka pembentukan daging pun akan semakin maksimal.

4. Mempertahankan bebek untuk selalu bertelur

Selain mempercepat/merangsang bebek agar segera bertelur bila sudah masuk masa/usia reproduksi ternyata keong sangat bermanfaat untuk mempertahankan bebek untuk selalu bertelur. Semakin banyak asupan protein yang didapat ketika bebek berada pada masa reproduksi maka bebek tersebut akan bertahan untuk selalu bisa bertelur. Karena kita tahu bahwa kandungan paling banyak yang terdapat pada keong adalah protein, selain itu kalsium, mineral, karbohidrat, dan phosfor semua itu merupakan senyawa-senyawa dalam pembentukan telur.

5. Membantu menghasilkan telur yang berkualitas

Entah karena apa namun memang benar dan sudah banyak yang berkata bahwa bebek yang diberi pakan alami seperti keong dan sebagainya akan mehasilkan telur yang berkualitas, telur dengan kuningnya yang kental serta rasa yang sangat enak jika dibandingkan dengan telur hasil dari bebek yang diberikan pakan kosentrat buatan pabrik.

Itulah 5 manfaat yang dapat diambil dari keong untuk pakan bebek yang kita pelihara, selain itu manfaat lain yang bisa kita hasilkan jika kita selalu memberikan keong untuk pakan ternak adalah  membantu petani membasmi hama, karena keong merupakan salah satu hama padi yang menakutkan bagi para petani.

No comments:

Post a Comment