Wednesday 1 June 2016

Manfaat niger seed untuk burung kenari

Apakah biji niger/niger seed hanya bermanfaat untuk pakan burung kenari atau burung finch lainya?

 

Manfaat niger seed


Niger seed adalah biji yang dihasilkan dari poohon niger dan sering kali dimanfaatkan untuk pakan ternak dalam beternak burung kenari/burung finch lainya. Niger seed sendiri awal mulanya dibudidayakan di negara Ethiopia dan Malawi, kemudian merambat ke negara tetangga, Eropa, dan kemudian sampai juga ke Indonesia.


>>jual minyak lintah hitam asli papua<<

Manfaat biji niger/niger seed sendiri tidak hanya untuk pakan/makanan burung kenari saja, namun sering juga dimanfaatkan sebagai obat kulit, dan masuk angin. Dibeberapa negara Asia selatan seperti India sering juga memanfaatkan biji niger/niger seed sebagai campuran bumbu masakan. Selain itu masih ada manfaat lain yang dihasilkanya, seperti pengganti minyak zaitun, untuk keperluan industri seperti pembuatan sabun, cat, dan persiapan berbagai jenis emulsi.

Kandungan pada biji niger/niger seed


Seperti yang telah diutarakan diatas bahwa biji niger/niger seed dapat digunakan sebagai pengganti minyak zaitun, jadi dengan begitu kita dapat menyimpulkan bahwa kandungan terbesarnya adalah minyak. Ya memang benar bahwa kandungan/komponen terbesar adalah minyak yang mencapai 30% - 40%, setelah itu protein 10% - 25%, gula larut 12% - 18%, serat kasar 10% - 20%, dan air 10% - 11%.

Apa manfaat biji niger/niger seed untuk kenari?


 

Manfaat niger seed untuk burung kenari


Selain sebagai pakan utama untuk burung burung kenari ternyata ada manfaat yang bisa dihasilkanya, dan berikut ini sedikit informasi manfaat biji niger/niger seed untuk kenari.

1. Sebagai sumber energi

Energi berasal/dihasilkan dari asupan pakan/makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Biji niger sendiri mengandung protein dan serat kasar yang berfungsi untuk menghasilkan energi dan tenaga.

2. Mempercepat proses mabung
Disaat kenari mengalami proses/fase mabung banyak hal yang perlu kita perhatikan, mulai dari perawatan maupun pemberian pakanya. Perawatan yang baik misalnya tidak menjemur setiap hari, tidak memandikan dan tidak terus mengkrodong, sedangkan untuk pemberian pakan yang baik salah satunya adalah niger seed, karena mengandung banyak protein dan serat kasar/karbohidrat untuk menghasilkan energi.

3. Sebagai penghangat tubuh kenari

Manfaat niger seed/biji niger untuk burung kenari yang taerakhir adalah sebagai penghangat disaat musim penghujan atau musim dingin. Menurut para peternak biji niger sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, karena mempunyai rasa yang sedikit pedas dan manis. Jadi jika udara atau lingkungan tempat kita memelihara kenari dingin, maka bisa kita berikan biji niger supaya kenari tersebut bisa merasa lebih hangat.

Itulah sedikit manfaat yang bisa dihasilkan dari niger seed/biji niger untuk kenari atau untuk burung finch lainya. Dan perlu diingat, ketika memberikanya kita juga harus mencampurnya dengan biji-biji lainya seperti biji sawi, canary seed, dan biji lainya.













No comments:

Post a Comment